2014-11-12

Biografi Arsyadjuliandi Rachman - Gubernur Riau

Biografi Arsyadjuliandi Rachman menjadi salah satu artikel yang menarik untuk dibaca.Pria yang kerap disapa Bang Andi Rachman kini menjadi orang satu di Provinsi Riau. Tepatnya pada Selasa (07/10) lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi menetapkan dirinya sebagai Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Riau menggantikan Annas Maamun yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Siapa sebenarnya Bang Andi ini? Dan bagaimana sepak terjangnya di kancah perpolitikan?

Andi sebelumnya dilantik sebagai wakil gubernur Riau pada Februari 2014 lalu menjadi wakil gubernur mendampingi gubernur terpilih. Meski namanya jarang terdengar luas dimasyarakat, namun karirnya dikancah perpolitikan tidak diragukan lagi dan patut untuk diperhitungkan. Sederet prestasi membuatnya mantap mengemban amanah ini.

Pria kelahiran Pekanbaru, 8 Juli 54 tahun lalu ini selain seorang politikus juga menyandang status sebagai seorang pengusaha. Jiwa enterprenuernya lahir dari sang ayah H. Abdul Rachman Syafei yang memiliki bisnis dibidang transportasi.

Setamatnya dari Sekolah Dasar, Ia lalu melanjutkan pendidikan ke SMP 4 Bukit Tinggi. Setelah tamat, Andi kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA N 1 Bukittinggi, namun tidak bertahan lama, Ia pun pindah sekolahnya ke SMAN 3 Yogyakarta hingga tamat. Universitas Sebelas Maret, Surakarta menjadi kampus untuknya melanjutkan studi. Disana  suami dari Sisilita Bong ini memilih Fakultas pertanian, ia kemudian melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar MBA ke Amerika Serikat, tepatnya di Oklahoma City University.

Usai menamatkan pendidikan, Ia lalu mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang pebisnis. Di bawah Group Riau Muda, Ayah dari Arsilia Arsyadjuliandi ini menguasai bisnis transportasi, SPBU, pertambangan, dan perkebunan yang berbasis di Riau. Selama bergelut di dunia usaha, Andi juga aktif bergabung diberbagai organisasi kewirausahaan.

Jabatan penting kemudian dipercayakan kepadanya sebagai apresiasi atas prestasinya dibidang ini. Ia dipercaya menjadi Ketua Hiswana Migas Riau, Ketua Hipmi Riau, dan Ketua Kadin Riau. Ia juga terpilih menjadi Wakil Ketua Sekretaris Nasional Kerja Sama Eko Sub Regional dan Direktur Nasional IMT-GT Indonesia Business Council.

Sampai pada akhirnya Andi terpilih menjadi wakil ketua Kadin Indonesia pada tahun 2009 atas prestasinya yang gemilang tersebut. Tak heran jika KPU Riau menyatakan bahwa Andi merupakan Calon Wakil Gubernur Riau terkaya pada pemilihan 2014 lalu. Hal ini merupakan cerminan kesuksesan yang diraihnya selama ini.

Kiprah Politisi Senayan yang pernah duduk di Komisi VII DPR RI ini, membuatnya dipercaya juga memegang tampuk Wasekjen DPP Partai Golkar. Lebih dari itu, Ia dipercaya menjadi Koordinator Wilayah Sumatera yang meliputi lima provinsi yakni Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

Ia ditetapkan sebagai Plt Gubernur Riau berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 122.14/5280/S.kep/2014, perihal penunjukan Wakil Gubernur Riau sebagai Plt Gubernur Riau.

Sebagai Plt Gubernur Riau, Andi Rachman memiliki kewenangan setara dengan Gubernur. Ia boleh mengambil berbagai kebijakan strategis termasuk melakukan mutasi jabatan. Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Andi pun berjanji agar proyek di lingkup Pemprov Riau berjalan sesuai aturan.

Untuk mendapatkan informasi tentang biografi gubernur, bupati atau walikota, silakan kunjungi situs kami di www.tintabiografi.com. Beragam info tentang ulasan biografi tokoh, atlet, pahlawan, artis terkemas secara menarik dan menginspirasi.

Copyright © 2013 Cerita Masa Kini: Biografi Arsyadjuliandi Rachman - Gubernur Riau | www.bookie7.co